Anda Sering MAkan Gorengan?? Ini Bahayanya..


BAHAYA TERSEMBUNYI PADA GORENGAN PINGGIR JALAN



Banyak orang yang suka sekali makan gorengan yang dijajakan abang gorengan dipinggir jalan. Karena selain rasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau. Tapi jangan terlalu sering ya beli jajanan ini, karena ternyata banyak bahaya yang mengintai dibalik rasa dan harganya yang menarik.

Apa saja ya bahayanya ???
Ini saya rangkum dari beberapa sumber, baik artikel yang pernah saya baca atau dari tayangan televisi.

- Sering terkontaminasi bakteri yang berbahaya.
Hal ini disebabkan karena gorengan yang telah matang diletakkan di tempat yang terbuka, sehingga mudah dihinggapi lalat, terpapar debu dan udara kotor.

- Sayur-sayuran yang dipakai banyak yang sudah tidak segar.
Pasti si abang gorengan memilih ini karena harga sayuran yang sudah tidak segar tersebut jauh lebih murah dari harga sayuran segar. Bahaya dari sayuran tidak segar ini sebenarnya tidak ada, hanya nilai gizinya sudah jauh berkurang dibandingkan dengan sayuran yang masih segar.

- Pemakaian minyak goreng curah yang berbahaya.
Tidak semua minyak goreng curah berbahaya ya, yang tidak berbahaya adalah minyak goreng biasa yang dipasarkan tanpa merk tertentu.
Nah kalau minyak goreng curah yang berbahaya itu yang berasal dari penjernihan secara kimia minyak jelantah sisa-sisa restaurant. Kalau yang ini saya nonton di televisi tapi lupa apa jenis bahan kimia yang ditambahkan.
Penggunaan minyak jelantah saja sudah berbahaya karena semakin sering minyak goreng dipakai maka akan terjadi perubahan sifat fisika dan kimia pada minyak goreng, yaitu terbentuknya gugusan benzena yang bisa menyebabkan munculnya kanker. Apalagi bila minyak jelantah tadi dijernihkan lagi dengan bahan kimia berbahaya dan digunakan lagi sampai berulang kali.. Wow berapa banyak gugus benzena yang terbentuk dan masuk ke dalam tubuh kita ???

- Tinggi kandungan lemaknya
Dalam gorengan, terdapat kandungan lemak trans (trans fat) yang tinggi. Di mana lemak ini berasal dari minyak yang dikandung oleh makanan yang digoreng. Tanpa disadari, kadar kolesterol di dalam tubuh kita pun dapat terganggu. Kok bisa?
"Trans fat adalah bentuk lemak yang paling jahat. Pemasukan trans fat -dari gorengan- akan memengaruhi kadar kolesterol menjadi lebih jahat. Kolesterol ada yang jahat dan baik. Apa yang kita makan dari fatty acid (bagian dari lemak) seolah-olah akan memengaruhi kolesterol jahat yang ada di tubuh kita. Semakin banyak kadar trans fat, komposisi kolesterol jahat makin berbahaya. Dengan tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh maka resiko terjangkit penyakit jantung koroner pun semakin tinggi.

- Penambahan plastik ke dalam minyak goreng panas.
Kalau yang ini saya pernah lihat sendiri seorang abang gorengan melakukannya. Sempat tertegun dan bingung apa tujuannya dan tahukah si abang kalau hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan ? Ternyata hal itu dilakukan agar gorengan lebih renyah dan tetap renyah setelah beberapa jam di goreng.

- Bahaya kertas bekas pembungkus gorengan.
Selain karena kertas bekas tidak terjamin kebersihannya ternyata kertas sebagai pembungkus gorengan pun dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan karena tinta  mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan yaitu timbal.
Timbal dalam tinta bila terkena panas dari gorengan akan larut ke dalam gorengan yang akan kita konsumsi. Apabila timbal yang masuk ke dalam tubuh kita terakumulasi ke dalam jaringan tubuh yaitu pada gigi, tulang dan otak, pada akhirnya akan menimbulkan efek pada ginjal. hati, darah, syaraf, alat reproduksi dan endokrin dari sistim kekebalan.

- Bahaya dari kantong plastik kresek hitam pembungkus gorengan.
Kantong plastik kresek hitam adalah hasil dari daur ulang plastik- plastik bekas.
Selain karena tidak hygienis ( kita tidak pernah tahu sebelumnya plastik- plastik bekas itu digunakan untuk membungkus apa ) kantong plastik kresek hitam bila digunakan untuk mewadahi langsung makanan akan melepaskan bahan-bahan berbahaya kedalam makanan, yang akhirnya dapat menimbulkan kanker dan kegagalan ginjal.

Nah teman setelah mengetahui bahaya dari mengkonsumsi gorengan, apa masih mau sering-sering makan gorengan????


(sumber: http://anekatipskesehatanonline.blogspot.com/2011/05/bahaya-tersembunyi-pada-gorengan.html )


Related Posts:

2 Responses to "Anda Sering MAkan Gorengan?? Ini Bahayanya.."

  1. saya mau tanya nih,, masa' beneran anda melihat seorang abang gorengan menggoreng mencampurnya dengan plastik dengan mata kepala sendiri saat itu,, jangan jangan ini cuma copas cerita :V
    haha..

    harusnya kalo referensi, kata "saya" diganti dengan sebutan "narasumber"..

    ReplyDelete
  2. disitu sudah dicantumkan sumbernya. anda tidak bisa melihatnya kah??

    ReplyDelete